JENIS DAN CARA PENANGANAN SAYURAN

Assalamualaikum wr.wb.
Selamat wayah kieu (translate bahasa sunda)
Salam sejahtera

Kesempatan yang benar benar awal ini saya akan coba share sebagian tentang jenis sayuran.
Sayuran merupakan makanan yang 'harusnya' wajib dikonsumsi oleh kita sebagai manusia.. hehe.. apalagi buat abang-abang, nona-nona yang sedang menjalani diet.
Teruuuss apa yang di maksud dengan sayuran, sayuran merupakan  sebutan umum bagi bahan pangan asal tumbuhan  yang biasanya mengandung kadar air tinggi dan di konsumsi dengn keadaan segar  atau diolah secara ninimal .

Hal – hal yang harus di perhatikan sebagai berikut :

Penyortiran  sayuran.

Pilih sayuran yang benar benar segar, untuk  memastikan bahwa sayuran yang akan dikonsumsi baik dari  kwalitas kesegarannya  maupun  dari quantity  sayuran yang dibeli.

Penyimpanan sayuran.

Mengkonsumsi kaya sayuran dapat menurunkan resiko berbagai masalah kesehatan seperti tekanan darah tinggi  ,penyakit jantung, stroke dan kangker
Namun jika tidak di simpan dengan baik sayuran akan mudah rusak  sehingga dapat menurunkan kandungan  gizi yang terdapat di dalamnya.
Selain itu sayuran dapat tercemar bakteri  yang justru  berbahaya bagi tubuh. Oleh karena itu penting untuk mengetahui cara penyimpanan sayur yang benar agar tetap segar dan terhindar dari bakteri yang berbahaya .

Jangan mencampur sayuran dan buah .

Mencampur sayuran dan buah dalam satu rak  kulkas dapat mempercepat proses pembusukan , hal ini di karnakan buah biasanya memproduksi gas etilen yang dapat bereaksi sebagai hormone pematang dan mempercepat kelayuan .
Etilen  adalah hormone alami tumbuhan dalam bentuk gas yang dapat memicu proses pematangan  pada  buah.

Jangan mencuci sayuran  disaat akan  penyimpan  di dalam kulkas .

Mencuci sayuran  sebelum menyimpan nya  akan membuat sayuran menjadi lembab dan mempercepat tumbuhnya bakteri sehingga akan mempercepat proses  pembusukan, jadi tiriskan terlebih dahulu sebelum disimpan di kulkas.

Rutin membersihkan kulkas.

Penting untuk selalu  menjaga kebersihan kulkas, jangan menunggu sampai  kotor baru membersihkannya ,  jangan sampai ada bahan makan yang busuk  didalam kulkas  karna akan mengkontaminasi ke sayuran yang lain . dan pastikan tidak ada cairan yang menggenang di dalam kulkas  agar sayuran tidak cepat rusak .

CIRI CIRI SAYURAN YAN BAIK ADALAH SEBAGAI BERIKUT :

Permukaan dalam  keadaan segar  utuh dan tidak layu .
Tidak  busuk
Tidak ada  ada bagian tubuh  sayuran yang ternoda atau  berubah warna.
Bebas dari tanah dan kotoran lain.
Tidak bolong bolong .

Pembagian sayuran berdasarkan morfologinya antara lain :

Sayuran daun , sayuran batang,  sayuran akar , sayuran ubi, sayuran umbi , sayuran bunga, sayuran buah dan sayuran biji.

Sayuran daun ,
bagian dari tumbuhan  yang terdapat hanya bagian batang  seperti bayam , kangkung , sawi putih, daun gingseng horenzo dan lain lain.

Sayuran batang ,
merupakan bagian dari tumbuhan  yang terdapat hanya bagian buku dan ruas . buku adalah tempat menempelnya daun , seperti  rebung dan asparagus

Sayuran  akar ,
biasanya terdapat di dalam tanah dan tidak beruas dan berbuku , contohnya  wortel dan  lobak

Sayuran bunga ,
Merupakan alat perkembang biakan secara generative , seperti kembang kol , brokoli dan lain lain.

Sayuran buah .
Sayuran buah adalah hasil dari penyerbukan dan pembuahan yang terjadi pada organ bunga , contoh tomat, lobak  ,erong dan labu siem.

Sayuran biji.
Sayuran biji adalah   bagian buah setelah penyerbukan  dan pembuahan pada bunga , contoh  kacang polong , kacang merah ,jagung  dan lain lain.

Sayuran  umbi .
Sayuran umbi merupakan  bagian tanaman  yang membengkak karna penimbunan makanan . contohnya  kentang , bawang merah , bawang putih, wortel dan lobak .

Sekian sedikit wawasan yang bisa saya tampilkan mudah mudahan bermanfaat, berguna bagi nusa dan bangsa :))
Semoga kedepannya ada kesempatan lain dan punya wawasan lebih..





Wassalam
Haturnuhun

Comments